Pengalaman Melahirkan dengan Metode ERACS, Gimana Sih? Check It Out !


Hi Ibu,

Tulisan kali ini akan bercerita tentang pengalamanku melahirkan secara sesar dengan metode ERACS. Buat Ibu yang penasaran yuk baca sampai selesai ya. Oya, aku tekankan bahwa ini adalah pengalaman yang aku rasakan, artinya bisa aja yang dirasakan oleh orang lain berbeda. 

Kita mulai ya, Bu? 

Jadi, hamil yang kedua ini persiapannya memang sangat nyantai banget menurut aku. Mulai dari kontrol ke dokter yang kadang telat beberapa hari dari jadwal, persiapan baju dan lain-lain untuk anak aku bener-bener selow banget. Tapi, kalau dari segi kesehatan, yang kedua ini aku merasa lebih "jompo". 

Mungkin karena hamil yang pertama dulu aku hampir 6 bulan WFH, sedangkan yang kedua aku fully ngantor dan naik ojeg, jadi pas perut udah masuk ke usia 8 bulan bener-bener udah engap dan pegel banget. Bahkan saking pegelnya aku pernah tuh kondisi macet, terus ujan, dan aku nangis hahaha. 

Kontrol tanggal 11 November 2022. Kondisi aku gak ada masalah, cuma memang tensi agak rendah tapi itu bukan hal yang berarti. Ini bisa jadi karena aku mulai gak bisa tidur nyenyak. Yaa, you know lah udah gak bisa gerak, kebangun karena gelisah menunggu kelahiran, dan sebagainya. Intinya sih kata Susternya bisa jadi karena kurang tidur aja. Hanya saja, pas di cek perkiraan berat badan bayi hasilnya di 3,8 kilogram. Kaget dong aku, kok bisa gede banget? Padahal 2 minggu sebelumnya beratnya di 2,8 kilogram (kalau gak salah).

Padahal pas hamil pertama abangnya, brojol itu di berat 3,5 kilogram, nah adiknya ini masih di usia 37 weeks udah 3,8 kilogram. Akhirnya, Dokter nyuruh aku buat CTG dan tes Darah. Nah, tes darah disini aku dicek nilai gula darah sewaktu dan HbA1c. 

Oya, aku kontrol kandungan di RS Mitra Kelapa Gading sama Dokter Stella, sama persis dengan abangnya dulu lahiran. Singkatnya, aku langsung ke lantai 2 buat CTG. Aku masuk ke sebuah ruangan, lalu Suster masangin alatnya, dan aku disuruh mencet kalau misalnya ada gerakan. CTG berlangsung selama 30-45 menit. Hasil CTG bagus, terus aku diarahkan ke Lab buat cek darah. 

Nilai Gula Darah Sewaktu aku masih normal, harusnya berarti gak ada masalah. Nah, kalau yang HbA1c ini buat ngelihat kayak trendline gula darah aku selama 3 bulan terakhir. Tujuannya pengecekan ini buat ngelihat apakah ada resiko diabetes atau tidak mengingat berat dari janin di angka 3,8 kilogram. 

Soal harga, kalau di RS Mitra Kelapa Gading CTG itu sekitar 315 ribu dan cek darah (gula darah sewaktu & HbA1c itu sekitar 500 rb). Hasil HbA1c bisa dikirim lewat email jadi tinggal request aja. So, aku langsung pulang deh, dan akan kontrol lagi di tanggal 18 November 2022. 

.....

Kembali aku singkat ceritanya. Tanggal 18 November 2022 pun tiba, aku kembali kontrol ke RS. Masuk ke ruangan Dokter seperti biasa ditanya ada keluhan or tidak. Oya, hasil dari HbA1c aku juga bagus ya, jadi kata Dokter aman gak ada indikasi diabetes. Nah, yang bikin aku kaget pas dicek ternyata berat badan bayi itu 3,2 kilogram. 

Aku sama suami sampek lihat-lihatan karena kaget bisa turun sejauh itu. Atau mungkin yang minggu kemarin itu salah ya? Nah, Dokter coba lagi tuh USG buat memastikan berat badan bayi dan hasilnya tetap di 3,2 kilogram. Posisi bayi bahkan bergerak kepalanya disamping gak di bawah. So, fix lah kalau kayak gini aku pasti di SESAR hahaha. 

Aku sempet tanya sama Dokter dengan kondisi yang turun seperti itu apakah berbahaya buat bayinya? Kata Dokter sih gak ada insya allah. Cuma, ya itu ujung-ujungnya emang aku harus di sesar karena posisi bayi yang ke bawah dan katanya pinggul aku kecil. 

HPL aku itu di 3 Desember tapi Dokter bilang takut keburu mules jadi akan dipercepat sekitar di tanggal 22 atau 23. Akhirnya Suamiku memutuskan akan lahiran ditanggal 23 karena tanggal 22 doi ada meeting (masih aja mikirin kerjaan wkwkw). 

Sejak saat itu, mulailah hati ini gundah gulana deg-deg an gak karuan. Gak boong loh aku sampek sakit kepala mikirin nanti gimana lahiran. Kata orang2 sih harusnya lebih tenang karena udah tahu kayak gimana, nah kalau aku justru karena tahu seperti apa fase-fase merasakan sakitnya pas kapan dan sakitnya kayak gimana jadi aku bener-bener was-was hahaha.  

Singkat cerita, tanggal 23 November 2022 berangkatlah aku dan suami ke RS, Perjalanan sekitar 45 menit dan di mobil aku makin gak karuan. Haha. Gak lama, akhirnya kita sampai di RS langsung menuju counter rawat inap buat urus administrasi. Karena kita pake asuransi jadi tinggal kasih kartu asuransi abis itu dianterin sama Suster ke lantai 2. 

Seperti biasa, ke lantai 2 buat CTG, rekam jantung, pasang infus, cukur bulu kemaluan, dan lain-lain. Setelah selesai, langsung disuruh ke kamar perawatan buat nunggu operasi jam 13.00. Nah, sebenernya ERACS itu apa sih?

ERACS merupakan protokol baru pada metode persalinan operasi caesar, yang bertujuan untuk mempercepat proses pemulihan dengan mengoptimalkan kesehatan ibu sebelum, selama, dan setelah menjalani persalinan caesar (Sumber : www.alodokter.com).

Perbedaan ERACS dengan metode sesar konvensional salah satunya dari waktu puasa, kalau sesar konvensional kita mesti puasa 8 jam sebelum operasi, kalau ERACS kita puasanya cuma 6 jam. Terus, 2 jam sebelum operasi kita masih boleh minum air putih atau minuman yang mengandung gula untuk bekal tenaga selama operasi.

Jam 13.00, Suster info kalau Dokter sudah siap, so aku langsung dibawa menuju ruang operasi. Kalau ditanya rasanya gimana? Deg deg an banget meskipun ini yang kedua kalinya yah. Cium tangan suami dulu abis itu masuk deh ruang operasi. 

Sebelum operasi kita akan dimasukkan dulu ke ruangan yang kalau mudahnya itu kayak ruang transit yang akan dan sudah dioperasi. Aku nunggu sekitar 20 menit abis itu di bawa ke ruang operasinya. Disini udah ada Dokter Anestesinya, aku emang request sama Dokter Loyd Yahya (bapaknya Afgan hehe) karena pas sesar pertama sama beliau juga. 

Disuruh bungkuk sambil duduk buat mulai anestesi, dan hiyaah ternyata kali ini kerasa sakit. Kaki kiri aku kayak kelonjotan tapi sekali doang. Aku sampai tanya ke Dokternya, "Dok kok sakit?" hahaha dengan polosnya. Soalnya, yang pertama itu aku beneran gak ngerasain sakit sama sekali. Nah, setelah anestesi masuk ya seperti biasa kaki mulai kesemutan dan lambat laut dicubit pun gak kerasa. 

Informasi yang aku dapat perbedaan ERACS dengan yang sesar kovensional dalam segi anestesinya lebih sedikit, artinya dosis yang dipake lebih sedikit gitu kali yah. Mungkin ini relate dengan yang ternyata lebih cepet abisnya sehingga aku cepet merasakan sakit hahaha. 

Kalau proses operasinya sih kayak biasa gak ada yang beda, cuma mungkin katanya yang aku baca pisau yang dipake lebih kecil dan minimal trauma pada kulit, nah ini aku lupa gak nanya ke dokter bener atau enggak hehe. 

Kalau yang aku perhatiin, durasi waktu yang pertama sama yang sekarang itu lebih lama yang sekarang. Aku masuk ruang operasi dan baru balik ke ruang perawatan sekitar pukul 15.15. Abis di observasi aku di bawa ke ruang perawatan lalu Perawat ngecek pendarahan aku dan ternyata darah yang keluar cukup banyak. Ini wajar karena rahim masih kontraksi. Cuman, aku ngerasain perutku suakitttttt banget kayak jatoh gitu perutnya. Sumpah, ini lebih sakit dibandingkan yang pertama. 

Boro-boro bisa joget tiktok ya guys, aku bener-bener gak berdaya karena rasa sakit ini sumpah. Abis gitu Perawat info ke Dokter dan aku segera dikasih obat nyeri nya. Jadi, sore ampek malem itu aku beneran nangis nahan sakit. Untungnya selang kateter baru dicabut besok paginya, dan mau gak mau aku harus belajar jalan segera. 

Subhanallah, baru pertama sih aku ngerasain sakit kayak gini, jalan susah minta ampun dan bener-bener sakit, ampek nangis terus-terusan mau digendong tapi badanku segede gajah kasian suami aku hahaha. Nah, kalau yang pertama pas hari kedua itu rasa sakitnya udah berkurang, kalau ini aku ngerasa masih sakit "banget", aku gak tahu ya ini pengaruh pake metode ERACS atau karena ini SC yang kedua. Tapi, aku lebih jompo yang sekarang. 

Singkat cerita karena aku harus segera pulang jadi mau gak mau harus belajar jalan terus biar kuat, karena kita pulang bertigaan ke Cimanggis jadi aku harus kuat gendong anakku. Meskipun pas dari ruang bersalin ke parkiran aku naik kursi roda dibantuin sama Perawatnya. 

.....

Nah, jadi itu pengalaman aku lahiran pakai ERACS. Jujurly, aku gak tahu ya "lebih sakit" ini apakah pengaruh pake ERACS atau karena SC yang kedua. Tapi yang jelas, operasi yang kedua ini aku ngerasain sakit yang berlebih haha, dan abis pulang ke rumah pun aku bener-bener masih ngerasain sakit bahkan di hari ke 7 itu kayak balik lagi ke hari ke 2 rasa sakitnya. 

Mungkin hal ini akan berbeda juga ya dirasain orang-orang yang berbeda pula, nah itu yang bisa aku share untuk Ibu-Ibu semua, semoga bermanfaat yah. 


No comments