Yang Perlu Kamu Ketahui Ketika Melahirkan di Tengah Kondisi Pandemi

Halo calon Mama yang sedang menunggu datangnya si buah hati? Gimana perasaannya? Aku berdoa semoga Mama semua sehat selalu dan diberikan kelancaran dalam persalinannya nanti. 

Kali ini, aku pengen sharing tentang bagaimana sih rasanya melahirkan disituasi pandemi seperti sekarang ini. 

Tentunya kondisi seperti ini bukanlah kondisi yang biasa, kita harus menyesuaikan dengan kondisi normal baru atau new normal, mulai dari wajib menggunakan masker ketika keluar rumah, membiasakan diri mencuci tangan, membawa handsanitizer kemanapun ketika pergi, dan hal-hal baru lainnya.

Lalu, apakah ada perubahan persiapan bagi Mama yang akan melahirkan di tengah kondisi pandemi seperti sekarang? Check it out ya!

Aku melahirkan diusia kehamilan 39 weeks, cerita tentang kehamilanku akan aku share ditulisan terpisah. Kali ini aku akan fokus sharing tentang persiapan persalinan di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. 

Wajib untuk ikuti protokol kesehatan

Kewajiban untuk taat pada protokol kesehatan kayaknya harus dilakukan oleh semua orang, tidak hanya bagi Mama yang akan melahirkan. Nah, kondisi rumah sakit pun tentu berbeda dengan biasanya. Ketika kita akan masuk kawasan rumah sakit kita harus dicek suhu & diwawancara singkat terlebih dahulu mengenai history perjalanan kita. Jangan lupa pakai masker dan juga handsanitizer ya. Aku memang prefer membawa handsanitizer sendiri alasannya ya lebih higienis karena cuma kita doang yang pegang. Tapi rumah sakit juga menyediakan ya guys, jangan khawatir. 

Wajib melakukan rapid test

Nah ini hal yang baru ya guys, aku engga tahu sih apakah ini berlaku disemua rumah sakit atau enggak, tapi kayaknya sih iya. Kalau di RS Mitra Kelapa Gading baik Mama yang mau melahirkan dan pendamping wajib melakukan rapid test.

Pernah waktu itu ngobrol sama dokternya, jadi kalau ternyata hasil rapid & swab positif maka pasien akan dirujuk ke RS khusus covid. Hal ini dilakukan agar ruangan ibu & anak tetap steril ya guys bukan karena apa-apa. Dan hal ini juga yang menjadi pertimbangan aku untuk melahirkan disini. 

Hanya boleh ditemani 1 orang 

Kalau biasanya yang mau lahiran boleh ditemani oleh suami dan orangtua, disituasi pandemi seperti sekarang ini Mama yang mau lahiran hanya boleh ditemani oleh 1 orang saja. Kemarin aku ditemani oleh suamiku dan kita struggle berdua loh. 

Tips!

Jadi buat kalian yang lagi menunggu gelombang cinta dari calon si buah hati aku mau ngasih tips ya, semoga bermanfaat. 

  • Pastikan semua checklist barang-barang. Jadi enggak ada istilah bolak-balik dari RS ke rumah ya guys. Karena kita hanya berdua, kalau ada yang kurang dan suami harus balik ke RS rasanya sendirian diruangan itu gimana gitu. Aku bukan negative vibes ya guys, cuma alangkah lebih baiknya well prepare dari awal.
  • Cari rumah sakit yang concern dengan protokol kesehatan. Nah, ini menurutku wajib ya tidak hanya concerna terhadap protokol kesehatan tapi kalau bisa yang tidak menangani pasien covid. Honestly sih aku merasa tenang loh dan less stress juga karena tahu ini. 
  • Mesti kompak sama suami karena kalian akan melakukan apapun berdua di rumah sakit. 
  • Berdoa kepada Tuhan dan meminta agar semuanya berjalan dengan lancar. 

Nah itu ya guys hal yang harus dipersiapkan buat Mama yang akan melahirkan disituasi pandemi seperti sekarang ini. 




No comments