Tujuh Tahun Bersama Kompasiana, Terimakasih Karena Aku Makin Sayang Sampai Hari Ini!


Dokumentasi pribadi
Bagiku menulis adalah hiburan, maka sebagaimana orang yang membutuhkan hiburan maka aku tidak akan berhenti untuk menulis - Via Mardiana.
Wow! #11TahunKompasiana menjadi wadah bagi masyarakat Indonesia dalam menuangkan berbagai macam tulisannya. #11TahunKompasiana memberikan ruang yang terbuka bagi para penulis untuk menciptakan artikel-artikel ciamik yang bermanfaat bagi banyak orang.

Di ulang tahun yang ke 11 ini Kompasiana memberikan kesempatan bagi para penulis setianya untuk menulis di blog pribadinya dengan tema, "Yang Bikin Aku Makin Sayang Sama Kompasiana" dan tentunya aku tidak ingin ketinggalan untuk ikut serta dalam kompetisi ini.

Sama halnya ketika kita menyayangi seseorang, tentu ada alasan kenapa perasaan sayang ini bisa muncul dalam hati kita kepada orang tersebut. Bagiku, mustahil sekali tentang kalimat 'cinta tanpa alasan', aku yakin rasa sayang berangkat dari sedikitnya satu alasan yang membuatnya bertahan untuk terus menanam. 

Selanjutnya, mungkin kita bertanya-tanya mengapa rasa sayang ini selalu ada meski sudah cukup lama. Jawabannya satu, karena memang saling membutuhkan hingga dengan rasa sayang bisa tumbuh kenyamanan dan tidak ingin saling kehilang, benar kan?

Aih, kayaknya terlalu romantis ya, namun percayalah bahwa Kompasiana tak hanya sekadar platform menulis bagiku. Tapi juga sebuah ruang untuk tumbuh setiap harinya, menciptakan artikel-artikel menarik agar semua orang bisa mendapatkan informasi.

Nah, kali ini aku mau ingin membagikan cerita bagaimana aku mengenal Kompasiana, memilih menulis di Kompasiana, dan hal-hal yang membuat aku makin sayang sama Kompasiana.

Awal Mengenal Kompasiana


Kapan tepatnya aku tahu tentang Kompasiana, jujur lupa! Kalau tidak salah dulu aku sedang iseng-iseng cari 'tempat menulis' maksudnya yang aku cari waktu itu adalah 'platform menulis' di google. Ternyata, om google memunculkan Kompasiana dihalaman pertamanya dan saat itu aku coba daftar menggunakan email yang  'alay' ups!

Saat itu kayaknya aku tidak langsung menulis tapi baca-baca artikel orang lain untuk cari inspirasi. Sampai tahun 2012 aku berkesempatan untuk ikut dalam sebuah ekspedisi ke Kepulauan Mentawai dan terbitlah tulisan pertamaku di Kompasiana.

Dokumentasi Pribadi
Tulisan pertama kali aku di Kompasiana berjudul, "Lawalata - IPB Sukses Laksanakan Ekspedisi Siberut 2012" dimana dalam ekspedisi tersebut aku berperan sebagai tim dokumentasi yang bertugas melakukan pengambilan poto kegiatan sampai membuat berita dan juga laporan untuk dilaporkan ke pihak terkait, terutama pihak pemerintah kabupaten dan juga pihak sponsor.

Rasanya ketika tulisan ini ada di Kompasiana dan dilihat banyak orang ada kesenangan tersendiri yang aku rasakan. Intinya saat itu, ketika tulisan publish disebuah media aku merasa bangga meskipun tidak berbayar, karena tujuan utama yang aku inginkan adalah dapat berbagi pengalaman dengan orang banyak.

Aku sempat vakum menulis untuk waktu yang lama karena kesibukan kuliah termasuk di Kompasiana. Namun,  ditahun 2017 aku kembali fokus untuk kembali menulis, menuangkan hasil imajinasi dalam bentuk cerpen atau juga artikel-artikel ringan mengenai problema di zaman sekarang. 

Sudah 7 tahun berlalu dan sampai hari ini aku masih menulis di Kompasiana. Membagikan hasil pikiran, temuan, atau refleksi dari sebuah peristiwa yang aku harapkan bisa bermanfaat bagi orang yang membacanya.

Pencapaian Bersama Kompasiana


Seperti kita ketahui bersama bahwa Kompasiana selalu memberi kesempatan kepada para penulis untuk ikut serta dalam blog competition. Alhamdulillah, meskipun tidak setiap kali menjadi juara di blog competition yang diadakan oleh Kompasiana, tetapi aku pernah keluar sebagai juara dibeberapa kompetisi.

Di bawah ini adalah tulisanku di Kompasiana yang keluar sebagai juara :
Perasaanku tentu bahagia bukan hanya karena mendapatkan hadiah tetapi juga ada kepuasaan sendiri yang artinya tulisanku dinikmati oleh banyak orang. Setiap kali ada kompetisi yang diadakan aku selalu berusaha untuk ikut, menang atau tidak itu urusan kedua, intinya semakin sering mengikuti kompetisi maka akan ada ilmu baru yang bisa didapat.

 Yang Bikin Aku Makin Sayang Sama Kompasiana


  • Kompasiana Memberikan Ruang yang Terbuka Bagiku untuk Menulis 
Ya betul! Aku bebas menulis apa saja di Kompasiana. Tapi, tetap ya aku memperhatikan aturan yang berlaku. Jangan sampai kita membuat tulisan yang malah tidak memberikan manfaat sama sekali untuk pembaca. Jaringan Kompasiana yang luas dan dapat menjangkau banyak para pembaca menjadikan hal tersebut sebagai alasanku tetap menulis di Kompasiana sampai hari ini. Aku sangat bahagia jika ternyata tulisanku bisa bermanfaat dan menginspirasi banyak orang.

  • Kompasiana Memberikan Kesempatan untuk Ikut Lomba 
Kompasiana juga memberikan kesempatan bagi para pembaca maupun penulis setianya untuk ikut serta dalam lomba blog yang ada. Setiap bulannya selalu ada kompetisi yang hadiahnya tidak tanggung-tanggung. Kompasiana terlihat sangat rapi dalam mengadakan lomba blog dan yang keluar sebagai juaranya pun memang tulisan-tulisan yang memiliki kualitas. Buktinya dari sekian banyak lomba blog yang aku ikuti, yang lolos sebagai juara hanya 3 hehe.

Tapi, terlepas dari apapun, kesempatan yang diberikan Kompasiana bagi para penulis adalah kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan. Ikut lomba dibidang yang disukai adalah sebuah anugerah karena kita bisa memberikan semua kemampuan kita agar bisa memberikan yang terbaik.

  • Kompasiana Memberikan Kesempatan untuk Bertemu Banyak Penulis Bertalenta
Lewat Kompasiana, aku bisa memiliki banyak jaringan penulis di Jakarta dan sampai hari ini masih sering bertemu untuk sekadar diskusi kepenulisan. Lewat jaringan pertemanan yang kukenal di Kompasiana sudah mulai banyak tawaran menulis datang dan tentunya menambah pundi-pundi penghasilanku. Saat ini selain menjadi karyawan swasta aku juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai freelance writer dan aku menikmatinya.

Kompasiana seringkali mengadakan kegiatan yang disebut NANGKRING dan aku lumayan sering ikut acara ini. Selain dapat hadiah dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut juga merupakan ajang mengisi isi kepala dengan bahasan yang berbeda-beda tiap kegiatannya. Ada yang soal financial freedom, asuransi, dan tidak kelewatan tentang kepenulisan. Aku bangga bisa menjadi bagian dari #GueKompasianer loh, serius!

Dokumentasi pribadi
Ah, intinya aku sangat bersyukur bisa mengenal Kompasiana selama 7 tahun ini. Kompasiana tidak hanya sebuah platform bagiku. #11TahunKompasiana semoga aku tetap menjadi #GueKompasianer karena di Kompasiana ini aku bertemu dengan teman-teman yang memiliki minat sama dalam menulis.
Dokumentasi pribadi
And, terimakasih Kompasiana untuk tahun-tahun yang indah ini. Untuk setiap kesempatan untuk mengembangkan diri dan juga kesempatan menebarkan inspirasi. Percayalah #BeyondBlogging akan selalu dihati.  
Happy birthday, Kompasiana! Kuy #BeyondBlogging karena #11TahunKompasiana belum cukup. 

No comments