Insto Dry Eyes, Solusi Jitu Atasi Gejala Mata Kering


Sumber gambar : Dokumentasi pribadi
Beberapa kali saya mencoba melepas kacamata. Menekan ujung mata yang bertujuan untuk mengurangi rasa pegal yang dirasa. Lalu, saya mencoba memejamkan mata, mencoba rileks dan mata saya masih pegal. Tidak hanya pegal, tapi juga mata saya sepet dan perih. Mungkin mata saya kelelahan.

Akhirnya, saya pergi ke toilet untuk mencuci muka. Setelah itu, saya mencoba menggunakan kacamata yang berbeda, mungkin rasa pegal yang dirasa disebabkan karena frame yang saya pakai. Sehingga, saya mengganti kacamata saat itu. Namun, mata saya masih merasa pegal dan terasa perih. 

Saya bekerja sebagai karyawan swasta dimana saya bekerja di ruangan ber-AC setiap harinya. Saya harus menatap layar komputer atau laptop sekitar 7-8 jam. Mungkin karena kebiasaan tersebut menyebabkan saya merasakan keluhan di mata saya dan rasanya saat ini cukup sering saya alami. 

Tuntutan pekerjaan memang tak jarang membuat saya menjadi abai terhadap kesehetan mata saya sendiri. Merasa masih kuat untuk menatap layar laptop lama-lama namun akhirnya merasakan juga pegal di mata. Abai ini yang ternyata akan menjadi boomerang jika saya tidak segera mengantisipasi keluhan pada mata saya ini. 
...

Setiap harinya, sekitar 7-8 jam saya menghabiskan waktu di depan layar laptop. Pekerjaan saya sebagai karyawan swasta memang menuntut saya agar selalu siap ketika diminta data. Semua hasil pekerjaan saya ada dilaptop. Belum sampai disana, pekerjaan sampingan saya sebagai freelance writer membuat saya terpaksa harus kembali membuka layar laptop ketika sudah sampai rumah. Apalagi ketika pekerjaan menulis artikel sedang banyak-banyaknya, tak jarang dari jam 8 malam sampai jam 11 malam saya harus kembali membuka laptop untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tak jarang dalam prosesnya saya melakukan istirahat sebentar jika dirasa mata saya sudah mulai pegal karena terlalu lama menatap layar laptop. Setelah itu, saya kembali menatap layar laptop dan meyelesaikan pekerjaan saya. Sesekali saya mengucek-ngucek mata dengan tujuan untuk menghindari pegal, namun tampaknya usaha saya sia-sia karena hal tersebut tidak berpengaruh juga. Mungkin memang sudah saatnya mata saya beristirahat setelah sekian lama menatap layar laptop di kantor juga.

Ketika pekerjaan selesai, saya berbaring di tempat tidur namun tidak langsung tidur. Sialnya, saya membuka layar handphone dan memainkan handphone sampai saya benar-benar mengantuk. Kebiasaan ini ternyata tidak baik untuk kesehatan mata. Sebab, ketika kita memainkan handphone saat akan tidur maka rasa kantuk akan hilang, sehingga tak jarang kita malah begadang.

Dari sana, saya mulai merasakan mata saya yang sepet. Saya mencoba untuk melepas kacamata namun, tidak ada perubahan. Begitulah setiap harinya sehingga membuat saya kesal dengan mata saya sendiri sementara pekerjaan saya tidak bisa ditunda dan menunggu untuk segera diselesaikan.

Bagi pengguna kacamata seperti saya ketika terjadi sesuatu dengan mata, biasanya langsung menyalahkan kacamata yang dipakai. Khawatir frame terlalu berat, minus yang bertambah, dan asumsi-asumsi yang lain.

Pernah suatu ketika karena mata saya selalu pegal saya memutuskan untuk mengganti frame saya dan itu merupakan keputusan yang salah, sebab ternyata setelah saya selidiki letak permasalahan bukan pada frame tapi pada mata saya sendiri, lebih tepatnya pada kebiasaan saya yang menyebabkan mata saya mengalami gejala mata kering.

Nah, teman-teman apakah kalian memiliki keluhan yang sama? Menurut info yang saya dapatkan, mata sepet, pegal, dan perih merupakan gejala mata kering. Biasanya, kita mengucek-ngucek mata untuk menghindari keluhan tersebut, namun ternyata itu bukanlah solusi yang benar untuk mengatasi gejala mata kering. Lalu, apa saja penyebab mata kering? Mari kita bahas bersama.

Penyebab Mata Kering

Di edit oleh Via Mardiana menggunakan Canva
1. Menatap Layar Handphone Terlalu Lama

Sumber gambar : Dokumentasi pribadi
Saya yakin, setiap dari kita menghabiskan 2-3 jam tiap harinya hanya untuk menatap layar handphone, baik untuk urusan pekerjaan, membuka sosial media, atau main game. Menatap layar handphone terlalu lama nyatanya bisa membuat mata sepet loh.

Biasanya kita akan mengucek-ngucek mata untuk menghindari mata sepet, nyatanya itu bukan solusi yang benar. Belum lagi tangan yang dipakai untuk mengucek mata sudah bersih dari kuman, sehingga bukanya mata sepet berkurang tetapi mata malah bertambah merah. Nah, mata sepet  ternyata merupakan salah satu dari gejala mata kering loh.

Mata sepet tentu sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, apalagi jika pekerjaan kita berhubungan dengan sebuah keharusan ada di depan komputer atau laptop. Sehingga, keluhan-keluhan pada mata kita sudah seharusnya kita perhatikan. Kita tidak boleh abai terhadap kondisi kesehatan mata kita sendiri.

2. Menatap Layar Komputer atau Laptop Terlalu Lama

Sumber gambar : Dokumentasi pribadi
Sama halnya dengan handphone, sebagai karyawan juga saya memang tidak bisa lepas dari layar komputer tiap harinya. Di kantor saja, awal masuk kerja jam 8 pagi sampai jam 5 sore saya habiskan di depan layar komputer. Setiap harinya rutinitas saya di kantor seperti itu, sehingga saya sering mengalami keluhan pegal di mata saya.

Pekerjaan saya yang berhubungan dengan data mewajibkan saya agar berada di depan komputer jika suatu waktu bos meminta saya untuk mengirimkan data. Belum sampai disitu, saya juga harus melakukan monitoring tim setiap harinya yang berada di cabang yang tersebar diseluruh Indonesia.

Pekerjaan sampingan saya sebagai freelance writer juga membuat saya harus membuka layar komputer atau laptop ketika sampai di rumah. Apalagi jika permintaan penulisan artikel sedang banyak, sehingga saya harus segera menyelesaikan pekerjaan tersebut agar tidak mengecewakan pelanggan.

Tak jarang dari jam 8 malam sampai jam 11 malam saya harus membuka laptop untuk menulis artikel. Hal ini membuat mata saya cepat pegal dan lelah. Dan ternyata, mata pegal adalah salah satu dari gejala mata kering juga loh.

3. Terlalu Lama Berada Di Ruangan Ber-AC

Sumber gambar : Dokumentasi pribadi
Namanya juga di kantor, pasti dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore saya berada di ruangan ber-AC. Kebetulan di rumah saya pun, saya menggunakan AC. Alhasil, ternyata terlalu banyak berada diruangan ber-AC bisa memberikan efek buruk bagi mata saya.

Pasti bagi kalian yang memiliki kondisi yang sama dengan saya pernah merasakan mata perih. Apalagi sebelumnya kita sudah menatap layar komputer yang cukup lama. Seperti paket komplit yang harus diterima oleh mata kita dan kita sebagai pemilik mata malah abai terhadap kondisi mata kita sendiri. Padahal mata perih merupakan salah satu gejal dari mata kering yang harus diperhatikan.

Nah, ternyata kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan setiap hari tersebut menjadi penyebab dari gejala mata kering yang kita rasakan. Terkadang karena sibuk bekerja kita abai bahwa mata kita sudah lelah dan ingin istirahat. Atau bisa saja seperti pengalaman saya dimana saya menyalahkan frame kacamata sebagai penyebab dari mata pegal yang saya rasakan, padahal sebenarnya kesalahan terletak dari diri saya yang kurang paham mengenai gejala mata kering tersebut.

Oleh sebab itu, saya mencoba untuk mencari informasi bagaimana mengatasi gejala mata kering yang saya alami. Sebab, jika tidak segera ditangani saya khawatir akan berakibat buruk juga terhadap mata saya. Apalagi, ketiga kebiasaan diatas jelas tidak bisa dihindarkan mengingat konsekuensinya saya sebagai karyawan.

Kali ini saya akan membagikan tips bagaimana saya mengatasi gejala mata kering yang saya alami. Tips ini sudah saya praktekan dan terbukti ampuh untuk mengatasi gejala mata kering.

Menghindari Memainkan Handphone Terlalu Lama

Sumber gambar : Dokumentasi pribadi
Memang sudah menjadi kebiasaan jika sebelum tidur rasanya tidak afdol kalau tidak memainkan handphone terlebih dahulu. Alhasil yang seharusnya jam 10 sudah terlelap, kita baru merasakan ngantuk di jam 1 malam. Hal ini tentu akan memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan mata. Jika kita saja tidak bisa tegas dengan kebiasaan tersebut, maka bukan tidak mungkin mata kita akan semakin bermasalah.

Jika di siang hari kita sulit untuk tidak memainkan handphone, maka mulailah untuk berhenti memainkan handphone ketika di malam hari. Mulailah untuk tegas kepada diri sendiri dengan memberi batasan waktu sampai jam berapa boleh memainkan handphone di malam hari. Apalagi jika waktu yang kalian habiskan untuk menatap layar handphone itu hanya untuk melihat unggahan-unggahan yang tidak ada manfaatnya sama sekali.

Jadi, mulailah untuk mengurangi intensitas memainkan handphone dari sekarang. Jika memang ada pekerjaan yang penting yang membutuhkan handphone sebagai sarananya ya sah-sah saja, tapi jika kamu memainkan handphone untuk kegiatan yang tidak berguna rasanya kamu harus pikir ulang dan mulai tegas terhadap diri kamu sendiri. Malam hari adalah waktu untuk beristirahat, berikan matamu istirahat dari layar-layar handphone maupun laptop.

Mengurangi Waktu Menatap Layar Komputer atau Laptop

Sumber gambar : Dokumentasi pribadi
Mau tidak mau ketika kita mengalami gejala mata kering, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab dari gejala mata kering itu sendiri. Nah, salah satu penyebab gejala mata kering adalah menatap layar komputer atau laptop terlalu lama sehingga menyebabkan mata menjadi pegal. Seperti kita ketahui, bahwa mata pegal merupakan salah satu gejala mata kering.

Oleh sebab itu, mulailah untuk mengurangi waktu di depan komputer atau laptop. Maksimalkan pekerjaan di jam yang sudah ditentukan, sehingga tidak ada penambahan jam untuk membuka laptop di luar jam tersebut. Hal ini sangat penting untuk memberikan waktu beristirahat untuk mata kita. Jika memang mengurangi waktu di depan komputer atau laptop dirasa sulit, maka kalian harus memberikan waktu mata untuk beristirahat seperti pada tips yang ketiga.

Mengistirahatkan Mata 5 - 10 Menit Setiap 1 Jam

Sumber gambar : Dokumentasi pribadi
Mungkin tips ini akan dibantah oleh kalian yang memang memiliki pekerjaan yang banyak, tapi apa rela kesehatan mata kalian harus digadaikan hanya karena pekerjaan yang sebenarnya bisa selesai juga ketika kalian melakukan istirahat selama 10 menit? Tentu tidak.

Nah, dalam hal ini kalian harus pintar dalam membagi waktu. Manfaatkan waktu selama 50 menit berjalan untuk bekerja dan 10 menit untuk beristirahat. Bukan setiap 10 menit kita keluar ruangan dan pergi makan melainkan mengistirahatkan mata kita beberapa waktu dari layar komputer agar kembali fokus. 

Tips ini terbukti ampuh untuk memberi mata kita beristirahat. Jangan salahkan orang lain jika suatu hari nanti terjadi sesuatu dengan mata kita sebab kita sendiri yang tidak peka terhadap keluhan yang dirasa. Mulai sekarang, biasakanlah untuk memberi jeda pada mata kita untuk beristirahat dari tugasnya. 

Pakai Insto Dry Eyes untuk Mengatasi Gejala Mata Kering

Sumber gambar : Dokumentasi pribadi
Nah, selain 3 tips di atas, ada tips jitu buat kalian yang memang sudah kepalang terkena gejala mata kering, yaitu dengan menggunakan insto dry eye. Penggunaan insto dry eyes bagi saya sangat efektif karena dalam hal ini insto dry eyes berfungsi sebagai pelumas bagi mata.

Setiap kali saya merasakan gejala mata kering, seperti mata sepet, mata pegal, dan mata perih saya akan meneteskan insto ke mata saya, oleh karena itu insto dry eyes ini selalu saya bawa kemana-kemana. Demikian juga ketika saya mengalami mata lelah, dimana terkadang mata bisa meneteskan air mata karena terlalu diforsir bekerja.

Insto dry eyes sendiri memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi gejala kekeringan yang disebabkan oleh kurangnya produksi air mata. Penggunaannya sendiri cukup 1-2 tetes pada setiap mata selama 3x dalam sehari.

Sudah waktunya kita sadar dengan kesehatan mata kita sendiri. Mata adalah organ penting yang diberikan Tuhan kepada kita. Sudah selayaknya kita menjaga kesehatan mata dengan mengurangi kegiatan-kegiatan yang bisa menimbulkan kerusakan pada mata.

Cara yang paling sederhana sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kesehatan mata adalah paham ketika mata kita sedang tidak dalam kondisi tidak baik dan segera mengatasi gejala tersebut. Jangan pernah meremehkan gejala mata kering sebab jika tidak ditangani dengan benar akan menghambat pekerjaan loh.

Jadi sekarang tidak perlu khawatir lagi karena insto dry eyes akan menemani kita untuk mengatasi gejala mata kering yang kita alami. So, bye mata kering!

Yuk saksikan  video ulasan saya tentang insto dry eyes yang saya gunakan untuk mengatasi gejala mata kering yang saya alami di bawah ini.


Catatan :
Poto merupakan milik pribadi dan dilakukan edit oleh aplikasi Canva.

No comments