[Sharing] : Kenapa Gue Memutuskan Mau jadi MT?


Seperti janji gue dimana bakal sharing pengalaman gue sebagai management trainee disalah satu perusahaan swasta terkenal di Jakarta. Nah, kali ini poin pertama yang ingin gue sharing ke kalian adalah alasan gue menerima pinangan dari KINO.

Gue wisudah bulan Januari 2016. Artinya, gue nganggur selama 3 bulan. Gila, stress banget ternyata nganggur 3 bulan itu. Gue emang ngelamar kerjaan dengan posisi Management Trainee. Dari mulai astra internasional, tigaraksa, paragon, dll (intinya gue lupa udah ngelamar kemana aja). Tapi, ada salah satu bidang yang emang gue hindari, yakni dunia perbankan (pernah ngelamar sekali sih dan dapat panggilan tapi kok kayak engga srek aja sama hatinya).

Nah, mungkin kalian akan bertanya, "Kenapa sih gue pilih apply posisi MT?"

Management Trainee adalah sebuah program khusus dari sebuah perusahaan yang intinya orang-orang yang masuk ke program ini adalah orang-orang pilihan. Secara orang pilihan, pasti bakal didevelop dong sama perusahaan dan mereka ada asset perusahaan. Impactnya adalah orang-orang yang lulus dari program MT, naik jabatannya cepet. Definis detailnya kalian bisa cari diinternet yah. 

Intinya kenapa gue pilih apply MT, karena itu cocok dengan life goals (eh apa goals life wkw) gue. Jadi, gue emang punya rencana yang udah gue tuangkan dalam cita-cita gue ingin jadi apa diusia berapa dll. 

Singkat cerita, saat itu gue emang iseng-iseng banget untuk daftar MT di KINO. Kenapa? Karena yang buka lowongan saat itu adalah MT HR sedangkan gue lulusan Teknik Mesin (jauh banget kan). Tapi, entah kenapa ya gue iseng-iseng apply eh dapat panggilan buat tes di UNPAD. Hari pertama psikotest sama interview HR dan gue lolos ke Jakarta untuk tes lebih lanjut.

Dari sana sih gue belum berpikiran apa-apa ya, karena udah biasa banget tes di Bandung lolos terus ke Jakarta dan gagal di FGD. Soal psikotest aja gue kayak udah hatam banget saking seringnya tes. Selang waktu 2 hari gue dipanggil ke Jakarta.

Ada drama juga disini. Jadi, tesnya itu jam 08.00 pagi sedangkan gue dari Subang. Salah satu cara adalah gue naik kereta yang dari Purwakarta dengan jam keberangkatan jam 05.15. Jadi, gue harus berangkat dari Subang dari jam 3 dianter sama Bapak naik motor.

Gils, ngantuk parah guys dijalan. Bapak udah bilang, "Jangan tidur teh," tapi gue tetep ngantuk. Eh dijalan motor kita kabur gasnya terus udah panik gitu karena dini hari jalanan sepi. Tapi akhirnya bisa terkendali dan gue sampai ke stasiun tepat waktu. Perjuangan banget emang sama Bapak saat itu.

Honestly gue engga paham area kemayoran, intinya gue nanya-nanya aja sekitaran situ dimana Gedung Datascript. Eh ketemu lah akhirnya. Sampai di gedung Datascrip gue langsung disambut sama tim rekrutmennya dan saat itu diinfokan bahwa akan ada beberapa tes, yakni FGD, interview user, dan tes pemahaman gitu loh guys (kita dikasih 1 kata gitu dan dijelasin).

Gue lupa FGD dulu apa interview user dulu yah. Intinya, gue diwawancara sama 5 orang dalam 1 ruangan yang ternyata adalah HEAD dari setiap departemen di HR KINO. Gue sempat dibantai juga karena pengetahuan gue tentang HR kurang (ya iya emang bener gue Sarjana Teknik bro haha) sampai GM-nya bilang, " Kamu yakin kuliah 4 tahun di Teknik Mesin mau jadi HR?"  

Nah, kalian penasaran engga sama jawaban gue?

Waktu itu gue jawab gini, "Tujuan saya sih belajar pak, jadi tidak masalah jika harus mencoba hal baru," which is ini klise banget haha karena sejujurnya gue juga galau guys. Tapi kemampuan gue sebagai engineer juga engga mumpuni ya meskipun IPK gue emang diatas 3. 

Akhirnya tes hari itu selesai dan katanya akan diinfokan paling lambat besok. Belum ada pikiran apa-apa juga karena waktu itu yang tes lumayan banyak. Jadi yaudahlah gue ikhlas aja kalau emang bukan rezeki.

Nah, keesokan harinya gue dapat telpon dari tim rekrutmennya kalau ternyata gue LOLOS dan diundang untuk offering keesokan harinya. Girang ga lo? Gue sih iya seneng juga akhirnya ada yang sampek tahap offering ahaha.

Keesokan harinya gue datang ke datascrip lagi dan ditawarkan lah posisi MANAGEMENT TRAINEE HR DI KINO dengan perjanjian sebagai berikut :

1. Pendidikan 1 tahun : Kalau pendidikan lolos diangkat tetap.
2. Ikatan dinas 2 tahun.
3. Tidak boleh menikah.
4. Kalau resign pinalti 35 juta. 

Karena emang lagi butuh kerjaan dan gue diskusi sama orangtua akhirnya gue menerima pinangan dari KINO dengan perjanjian diatas.

Mungkin kalian akan bertanya, "Kok bersedia?"

Jawaban gue, "Mungkin emang rezekinya di Kino, karena ketika dari awal tes gue dianter sama adik gue, gue dikasih kemudahan banget dalam prosesnya. Gas motor yang kabur juga bukan hambatan yang berarti, dengan proses rekrutmen yang hanya 4 hari gue lolos dan dapat tawaran tersebut. Akhirnya gue terima kesempatan itu,". 

Nyesel engga?

Jawaban gue, " Engga, karena gue emang dari awal niat pengen belajar," awalnya emang klise tapi gue mikir mungkin ini emang jalan Tuhan ngasih kesempatan buat kerja di KINO.

Ada pertanyaan, "Kok mau sih tidak boleh menikah selama ikatan dinas?"

Jawabannya, " Honestly, soal ini gue engga diskusi sama pacar gue (yang sekarang tunangan gue alhamdulillah), jadi gue bilang sama dia pas gue udah tandatangan hehe. Tapi, dia engga bermasalah karena emang rencana nikah engga ditahun 2016. Intinya plan kita sesuai juga jadi gue mikir jalan ini udah dipermudah banget sama Tuhan ya mungkin ini jalannya," 

Nah, jadi, "Kenapa gue memutuskan mau jadi MT?"

Jawabannya, " Karena gue butuh kerjaan, wkwkw. Ya bener sih emang butuh kerjaan, tapi mungkin ini bagian dari kehidupan gue. Gue take a big risk untuk hal ini karena artinya gue seperti mengorbankan apa yang gue pelajarin ketika kuliah selama 4 tahun dan di dunia kerja gue sekarang engga gue pelajari sama sekali. Jauh banget dari mesin ke HRD kan? Hehe. Tapi, ya balik lagi apa yang gue bilang, mungkin ini jalannya dan gue berani untuk ambil resiko yang gede itu." 

Nah, itu dulu ya nanti bakal gue lanjutin ke part selanjutnya. 

2 comments

  1. Hallo kak, ingin menanyakan, jadinya kakak nikah di tahun berapa ka? Maaf sebelumnya. Apa tidak boleh menikah selama setahun saja (masa MT)

    ReplyDelete
  2. Halo kak, saya tertarik untuk masuk di Kino dan mengikuti program MT. Namun, saya sudah mengecek di website dan selalu berujung belum dibuka. Kalau boleh tau programnya biasanya dibuka kapan ya? Terimakasih.

    ReplyDelete