5 Tips Minjemin Duit Agar Engga Menyesal di Kemudian Hari

https://kumparan.com
Guys, pernah engga sih kalian bermasalah dengan seseorang karena masalah hutang? Pernah dengar cerita soal persahabatan yang hancur gara-gara hutang? yang awalnya udah kayak sodara, cuma karena si salah satu pinjem hutan dan susah dihubungi lalu tiba-tiba menhghilang bak ditelan bumi, persahabatan mereka jadi hancur.
Atau ada yang pernah ngerasain gimana jengkelnya nagih hutang sama orang yang susah banget dipegang omongannya? Janji minggu depan pas ditagih bukan ngasih duit tapi malah ngasih janji lagi untuk bayar di bulan depan dan ujung-ujungnya tahun depan.
Nah, sebenarnya boleh engga sih  asal ngasih pinjem duit ke sembarang orang? atau apa saja sih yang sebenarnya harus kita lakukan sebelum memutuskan ngasih pinjem duit? Lima tips di bawah ini bakal bantu kalian agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Pastikan Kalian Tahu Siapa Dia

https://www.shopback.co.id
Dia Dia Dia
Ya, dia yang minjem duit kalian. Guys, ketika ada orang yang minjem duit ke kalian, pastikan kalian tahu ya orangnya. Semisal, kalian tahu juga orangtuanya atau juga keluarga yang lainnya. Bukan soal engga percaya guys, tapi hal ini penting dilakukan jika dikemudian hari terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. 
Jangan sampai kalian ngasih pinjem ke orang yang baru dikenal guys, kalau 10 rebu sampai 20 rebu boleh lah, tapi kalau nilainya udah jutaan tips ini harus kalian pakai ya.

Tujuan dan Jangka Waktu Pinjam Duitnya

http://www.hitung.xyz
Mungkin beberapa dari kalian bertanya, "Emang harus ya?", atau, "Duh engga enak dia kan sodara gue,". Tapi guys, soal ini kalian mau engga mau harus tanya ke orang yang pinjem duit kalian. 
Coba deh bayangin misalnya ada yang minjem duit cuma buat menuhin gaya hidup biar bisa nongkrong ditiap weekend. Kalau yang kayak gitu udahlah jangan dikasih segimanapun dia mohon-mohon sama kalian juga. 
Atau misalnya dia minjem duit buat bayar hutang ke orang lain. Nah, yang kayak gini guys harus diwaspadai karena berarti dia gali lobang tutup lobang. Bisa jadi, nanti untuk bayar hutang ke kalian dia minjem ke orang lain juga. Dan ini juga berarti bisa jadi indikator dia engga bisa manager duitnya. 
Jadi, wajar aja kalau kalian tanya tujuan mereka minjem duit dan juga harus ada kesepakatan di awal kapan mereka bakal balikin uang kalian. 

Perhatikan Nominal yang Dipinjam

http://www.memegen.com

Misal kalian punya duit 50 juta. Eh tiba-tiba ada teman atau keluarga kalian yang pinjem duit, sementara kalian akan menikah misalnya. Kalian harus perhatikan nominal duit yang dipinjem yah guys, jangan sampai mereka pinjem 50 juta juga, ya duit kalian buat kawin gimana? 
Bukan pelit atau engga mau bantu orang, tapi ketika kalian mencoba berbaik hati kepada mereka karena ngasih minjem duit, mbok ya mereka pun harus sadar diri minjem engga segede itu. Setuju engga?

Tanyakan Sumber Pendapatan untuk Bayar Pinjaman

https://www.idntimes.com
"Duh, ini sensitif banget, engga enak!"
Lah terus jika suatu hari susah ditagih yang pusing siapa guys? Kalian juga. Jadi, wajar kok untuk tanya, "Jadi nanti bayar hutangnya pakai apa?", mungkin mereka akan membayar dengan gaji mereka tiap bulannya. Jadi, ketika melenceng dikit dari janji yang ditentukan kalian bisa kejar pas gajihan tuh jadi engga ada alasan lagi bagi mereka untuk menghindar.

History Mereka dalam Dunia Perhutangan

www.gaming.youtube.com
Guys, engga ada salahnya kalian tanya salah satu teman atau keluarga kalian mengenai seseorang yang pinjem duit sama kalian. Hal ini untuk melindungi kalian juga loh, jangan sampai ternyata dia punya history susah ditagih atau memang punya hutang kemana-mana. Nanti kalian juga yang repot!
Nah, itulah 5 tips yang bisa kalian lakukan sebelum ngasih pinjem duit. Guys, tips ini bukan berarti ngajarin kalian untuk engga berbuat baik, tapi untuk ngasih warning sama kalian sebelum nanti kalian menyesal sendiri karena tidak memperhitungkannya.
Kalian tahu sendiri kan zaman sekarang banyak banget orang yang udah dibaikin balesannya malah buruk? Nah itu, jadi kalian juga harus cerdas ketika memutuskan untuk meminjamkan uang. 

No comments