Memaknai Kemerdekaan Di Era Digital dengan Bijak Memanfaatkan Teknologi

Ilustrasi oleh Via Mardiana
"Jangan mengira bahwa dengan berdirinya Negara Indonesia Merdeka perjuangan kita telah berakhir. Tidak! Bahkan saya katakan di dalam Indonesia Merdeka itu perjuangan kita harus berjalan terus. Hanya saja, lain sifatnya dengan perjuangan sekarang. Lain coraknya. Nanti, kita bersama-sama sebagai bangsa yang bersatu padu, berjuang menyelenggarakan apa yang kita cita-citakan di dalam Pancasila," kata Bung Karno dalam pidatonya tanggal 1 Juni 1945.

17 Agustus 1945, bangsa Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya dengan pembacaan proklamasi oleh Ir. Soekarno. Setiap tarikan tali yang menghantarkan sang saka merah putih berkibar dilangit  membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang paling bahagia hari itu. Bagaimana tidak, perjuangan melawan penjajah Belanda selama 350 tahun dan penjajah Jepang selama 3,5 tahun akhirnya membuahkan hasil, yakni kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. 
 
Namun, seperti yang Bung Karno katakan dengan penuh semangat pada tanggal 1 Juni 1945, kemerdekaan Indonesia bukanlah akhir dari perjuangan bangsa Indonesia selama ini. Kemerdekaan adalah awal untuk mewujudkan cita-cita lain yang lebih baik untuk memajukan negeri ini. Cita-cita yang tentunya membuat Indonesia menjadi negara maju suatu saat nanti.

Namun, 17 Agustus 2018 tidaklah sama dengan 17 Agustus 1945. Definisi kemerdekaan telah jauh berbeda. Kemerdekaan zaman sekarang bukanlah merdeka dari penjajahan tetapi diartikan sebagai sebuah kemandirian dan perilaku yang dewasa dalam memanfaat sesuatu, termasuk dalam memanfaatkan perkembangan teknologi. Artinya, perkembangan teknologi membuat kehidupan masyarakat harusnya menjadi lebih baik.

http://blog.eikontechnology.com/menyikapi-perkembangan-teknologi-di-indonesia-saat-ini
Di era yang serba digital, kemerdekaan bisa didefinisikan sebagai sebuah kedewasaan dalam memanfaatkan zaman. Seperti saat ini, dimana kita mengetahu bahwa zaman sekarang merupakan era digital. Perkembangan teknologi berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi yang ada harusnya bisa membuat kehidupan masyarakat lebih baik. Artinya, teknologi yang ada menjadi solusi untuk mempermudah segala proses dalam kehidupan masyarakat. Salah satu contoh fenomenal mengenai kemerdekaan di era digital adalah hadirnya ojek online di Indonesia. 

Hadirnya ojek online benar-benar membuat masyarakat merasa terbantu. Mereka tidak perlu berjalan terlebih dahulu ke pangkalan ojeg, tapi dengan berbekal handphone yang sudah diinstall aplikasi ojek online kita hanya tinggal menunggu tukang ojeg datang ke rumah kita dan mengantarkan kita ke tempat tujuan. 

Selain itu, perkembangan teknologi menyebabkan informasi yang tersebar dimasyarakat sangat cepat. Sayangnya, informasi yang tersebar belum tentu informasi yang benar dan cenderung merupakan hoax yang bertujuan untuk memprovokasi beberapa pihak agar berselisih dengan pihak lainnya. Tentunya, hal ini bukanlah wujud dari kemerdekaan di era digital saat ini. Jika kita mendefinisikan kemerdekaan diera digital sebagai bentuk kedewasaan tentunya melakukan penyebaran informasi yang belum tentu kebenarannya bukanlah sebuah bentuk kemerdekaan.

https://kumparan.com/intan-puji-lestari1515494428464/pesta-diskon-belanja-online-yang-harus-diingat
Adanya teknologi seharusnya menjadikan kehidupan kita terbantu. Artinya, teknologi bisa mempercepat proses, mempersingkat waktu, membuat hal menjadi lebih efektif dan efisien, tentunya dalam koridor kebaikan. Jika teknologi tidak membuat kehidupan kita sebagai masyarakat menjadi lebih baik, tentunya kemunculan teknologi tersebut harus ditinjau ulang manfaatnya. 

Saat ini, dengan teknologi yang berkembang pesat bisa membuat kita membeli kasur dari rumah. Kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke toko mebel, cukup memilih model kasur di website toko online maka kasur akan diantarkan langsung oleh kurir ke rumah kita. Hal ini tentunya menghemat waktu, sehingga waktu yang awalnya dialokasikan untuk membeli kasur ke toko mebel di pasar bisa kita gunakan untuk melakukan hal bermanfaat lainnya.
http://www.abraseunegocio.com.br/2016/09/3-dicas-para-aumentar-as-vendas-de-sua-empresa-na-era-digital/
Menurut saya, itulah definisi dari merdeka di era digital. Dimana kita dapat memanfaatkan teknologi untuk mempermudah setiap sendi kehidupan kita. Salah satu wujud kemerdekaan yang mempermudah suatu proses adalah hadirnya moladin. Dulu, ketika kita ingin membeli motor, kita harus mendatangi satu per satu dealer terlebih dahulu untuk mencari motor pilihan. Sekarang, kita tidak perlu mengunjungi dealer satu per satu karena moladin hadir sebagai solusi dari kebutuhan kamu yang sedang mencari sepeda motor. 

Moladin adalah sebuah platform yang menyediakan penjualan motor, spare part motor, aksesoris, dan juga lokasi bengkel. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar motor dengan berbagai merk di moladin. Tentunya hal ini sangat memudahkan kamu bukan? Tidak hanya soal motor, moladin juga memberikan informasi mengenai lokasi bengkel, jual spare part, dan juga aksesoris untuk motor kamu. 

Nah, kenapa sih harus membeli motor di moladin? Ada tiga alasan, yakni jaminan harga terendah, mudah, serta cepat dan nyaman.  Moladin memberikan jaminan harga termurah dibandingkan website penyedia jual beli motor lainnya. Selanjutnya, alasan yang kedua adalah mudah. Kenapa mudah? Karena kamu bisa melakukan pengajuan secara online. Hal ini tentu sangat membantu orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengunjungi dealer motor. Lalu, yang terakhir adalah cepat dan nyaman. Kamu bisa membawa pulang motor dan plat nomornya dalam waktu 7 hari, nah cepat bukan?
https://moladin.com/motor
Moladin memberikan proses yang mudah dengan kredit yang murah untuk sepeda motor kamu. Selain itu, moladin juga memberikan banyak informasi mengenai review motor dari para bikers sehingga informasi yang ada pun adalah informasi yang terpercaya. Jadi, jangan ragu untuk mengajukan kredit motor kamu di moladin

Wujud dari kemerdekaan di era digital adalah ketika setiap kebutuhan kita dapat difasilitasi dan dipermudah dengan adanya teknologi. Seperti ketika kamu akan melakukan kredit motor. Nah, mau kredit motor tidak pake ribet? Moladin aja!

Sumber gambar diilustrasi : https://www.hitsss.com/5-keahlian-yang-harus-kamu-kuasai-di-era-digital/




No comments