Tips Minjemin Duit Biar Engga Capek Hati Ujung-Ujungnya

Sumber gambar : https://www.memekocak.my.id/2017/04/70-meme-dan-dp-bbm-lucu-tentang-hutang.html

Hallo, 

Gimana kabarnya? Udah ngopi hari ini? Udah senyum ? Udah berbuat baik ? Untuk ketawa? Oke, kali ini gue mau bagi tips buat kalian gimana caranya minjemin duit ke orang lain tapi engga bikin kita sakit hati pas susah nagihnya. Eit, jangan sensitif dulu yah. Gue engga melarang kalian untuk berbuat baik. 

Gue sering banget liat meme di internet yang isinya orang yang minjem duit malah jadi orang yang malah lebih arogan dibanding yang ngasih pinjem ketika ditagih. Kadang kita juga dilema pas mau ngasih pinjem duit, apalagi pas kondisi keuangan kita aja lagi pas-pasan. Gue yakin dalam hati kalian pasti pengen banget buat bantu orang lain kan? Yes, gue pun sama!

Jadi gini, gue punya tabungan dimana beberapa persen dari tabungan tersebut gue alokasiin buat dana darurat alias dana ketika temen atau sodara kita butuh duit dan butuh pinjeman, bukan cuma buat itu kalau gue juga kepepet pengen sesuatu kadang gue pakai alokasi itu dan gue bayar dibulan depan pas udah gajian. 

Mungkin orang-orang pada nyepelein hal ini, tapi percayalah hal ini jauh lebih baik dibandingkan ketika lo engga punya simpenan sama sekali. Bicara nominal, kalau nominalnya dibawah 100 rebu itung-itung ikhlas aja, lagi pula gue pun keseringan lupa kalau ada yang pinjem dan diniatin untuk saling membebaskan karena berat bro yang namanya utang itu, nanti diakhirat aja bakal ditagih. 

Tapi, untuk nominal-nominal gede gue jujur selalu hati-hati. Gue sih selalu berdoa semoga gue dikasih rezeki banyak biar bisa bantu orang. Cuman kalau lagi pas-pasan kadang gue juga dilema, tapi engga tega apalagi kalau yang pinjem temen deket. Ya kan? 

Nah, kali ini gue mau bagi tips simpel bro, boleh kalian coba yah !

Lihat dulu siapa yang pinjem
Kalau yang minjem temen deket mungkin lo engga usah terlalu banyak tahu, karena pasti lo tahu siapa dia, atau bahkan lo juga tahu orangtuanya kan? Jadi kalau ada apa-apa lo bisa hubungi orang terdekatnya. Tapi lihat nominal dulu ya bro, jangan cuma 5000 perak doang lo tagih-tagih sampek rumah, kalau segitu mah udah sih lupain aja. 

Nah, ketika ada yang minjem duit sama lo, lihat dulu siapa? Temen SD, temen SMP, temen SMA atau temen kuliah. Atau mungkin temen yang tiba-tiba ngakrabin lo padahal lo engga kenal dia, nah lo harus waspada sama hal ini. Lo harus benar-benar tahu siapa orangnya. 

Alhamdulillahnya yang pinjem ke gue adalah orang-orang yang emang gue tahu gimana orangnya. Dan gue seneng banget juga karena mereka pun balikinnya tepat waktu dan engga harus ditagih. Kan itikadnya baik yah, jadi someday dia butuh pinjem lagi gue engga khawatir. 

Jangan takut buat tanya tujuannya buat apa
Ketika ada yang pinjem duit, gue engga takut buat nanya, "Buat apa?" dan so far mereka engga pernah kesinggung ketika gue nanya begitu. Bagaimana pun gue perlu tahu tujuan dia minjem duit, kadang ada beberapa tujuan yang engga bisa gue bantu, kayak buat traktir temen dll. 

Tapi, kalau misalnya ada hal urgent dimana dia lagi butuh duit banget gue engga segan buat bantu, apalagi yang nyangkut nyawa, cuma orang yang engga punya hati yang engga nolong. Jadi, engga ada salahnya yah buat tanya. 

Cuma dilemanya terkadang ada yang minjem duit buat bayar hutang, nah ini dilema bagi gue. Berarti dia lagi tutup lobang gali lobang, dan gue agak engga trust sama orang kayak gini. Menurut gue, kalau dia pinjem uang buta bayar hutang berarti dia engga bisa manage uangnya, dong? Iya engga? 

Terhadap orang kayak gini kalau udah keseringan berarti lo harus tegas juga, jangan sampai lo jadi korban kesekiannya dia. Dan ini bahaya bro, karena dia bakal minjem duit ke yang lain buat bayar hutang ke lo. Itupun kalau dia inget, bukan suudzon ya kadang ada juga yang ngilang tiba-tiba. 

Cari tahu sumber penghasilan dia
Cari tahu sumber penghasilan orang yang minjem duit ke lo itu wajib. Kenapa? Gini, ketika dia minjem duit ke lo, hutang itu kan harus dibayar, nah lo harus tahu dia ngandelin apa buat bayar hutang? Ngandelin gaji? Usaha atau apa? Jangan sampai lo engga tahu sumber penghasilan dia apa, entar dia engga bisa bayar aja kan lo nya yang pusing. 

Kalau nominalnya 5 juta keatas lo boleh kok bikin surat perjanjian
Ini senjata paling aman bro, engga ada salahnya kalau nominalnya gede lo pake perjanjian. Hal ini buat ngejaga lo dari hal yang tidak terduga, kayak dia kabur atau dia pura-pura lupa kalau punya hutang.  

Gitu aja bro, sekali lagi gue engga melarang kalian untuk berbuat baik tapi ngasih minjem duit juga ada rulesnya yang antara lo dan si peminjam sama-sama sadar agar engga ada yang dirugikan dari transaksi ini. 

Semoga kita semua dikasih rezeki yang banyak biar engga kenal perhutangan yah, tapi kalau bantu orang boleh-boleh aja kok, beneran!

No comments