Let's Be Good To Each Other

Sumber : https://shaunanagins.com/2014/06/03/things-we-do-for-the-people-we-like-that-we-should-start-doing-for-the-people-we-love/
Selamat siang, kali ini gue mau ngeshare hal simpel yang sering kita lupain, yakni "be good". Sebelum kalian baca sampai selesai, kalian harus pahami dulu bahwa gue pun bukan orang yang sangat baik, gue sedang banyak belajar untuk jadi lebih baik setiap harinya. 

Kalian mesti tahu, gue juga kalau lagi kesel doyan ngumpat apalagi sama orang yang udah dibaikin tapi malah nyolot. Huft, gue harus mengeluarkan tenaga banyak hanya untuk nahan emosi. Dan itu nyesek sampai ke ulu hati (ceileh).

Cuman, gue inget apa yang orangtua gue ajarkan dari kecil, kayak gini : 

"Kalau kita bisa nolong orang, kenapa harus nyakitin orang?"

Gitu! Ya, orangtua gue itu baik banget bukan cuma sama anak-anaknya. Tapi juga sama saudara gue yang lain, ya meskipun kadang kebaikan mereka disalahartikan dan ada juga yang engga sadar diri udah dibantu.

Suatu hari gue pernah bilang gini ke Bapak karena ada seseorang yang udah ditolongin tapi semacam nusuk dari belakang dan engga tahu malu, 

"Udah ya Pak, jangan ditolongin lagi orang kayak gitu!" kata gue sambil kesel. 

Eh tahu engga, Bapak gue cuma jawab gini, 

"Selagi masih bisa nolong orang ya engga apa-apa atuh," 

Dulu pas zaman PKL, ada salah satu temen gue yang PKL deket rumah. Padahal itu temen jauh yang engga deket sama gue, tapi Mamah gue nanya, 

"Ada yang PKL dekat rumah? Siapa? Nanti mamah suruh mampir," 

Dan temen gue itu suatu hari nelpon gue dan katanya diajak jalan-jalan sama orangtua gue. Terus, dia pun masuk rumah sakit, dan orangtua gue bawa dia da jagain sama orangtuanya dateng. 

Gue iseng-iseng nanya, "Kenapa sih pak mau baik sama orang?" 

Bapak gue jawab gini, 

"Kamu kan juga PKL dikampung orang, kita mau juga dong kamu dijagain orang disana," 

Terus gue merasa terharu.
Kebaikan itu investasi jangka panjang, jika hari ini kamu tidak mendapatkan balasannya, mungkin Tuhan menyiapkan untuk anak cucumu kelak. - Via Mardiana
Soal berbuat baik gue banyak belajar sama orangtua gue, ya kita bukan keluarga kaya raya tapi seperti yang Bapak gue bilang, kalau bisa bantu orang kenapa engga? 

Di Jakarta kayak gini emang agak susah untuk benar-benar lihat mana yang benar-benar kesulitan atau lagi sandiwara. Tapi, contoh simpel berbuat baik yang bisa gue lakukan adalah dengan tetap ramah meskipun ada orang yang nyebelin. Itu yang susah!

Ego gue masih tinggi, dan punya prinsip kalau masalah harga diri gue akan fight. Tapi, api engga mungkin padam kalau dilawan sama api. Api mati kalau dilawan sama air. Dan akan seperti itulah gue, jadi air, mengalir, membuat sejuk. 

Itu aja dulu yang bisa gue share yah. Jangan lupa berbuat baik tentunya dengan kadar yang normal ya. Intinya gini, jangan sampai kita merengek minta duit sama orangtua kita, eh kita traktir temen-temen kita, nah itu adalah kebaikan yang salah.

No comments