3 Hal Ini Harusnya Kamu dapat Jika Pekerjaanmu Memang Pekerjaan yang "BAIK"


Sumber gambar : https://dare2compete.com/bites/best-employee-engagements-gamifications-competitions/

Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang nambahin isi dompetmu, nambahin isi kepalamu, juga nambahin kesantunanmu. - Via Mardiana

Sesuai janji gue tadi pagi, gue bakal sharing mengenai maksud kalimat diatas malam ini! Yuk simak baik-baik.

Tadi pagi seperti biasa gue berangkat di pick up point  jam 05.45, sebenarnya itu telat karena gue biasanya berangkat jam 05.30 dari kosan. Sesampainya di pick up point, gue engga lihat bis yang biasanya antar jemput karyawan. Kayaknya telat deh nih bis. Padahal gue udah cepet-cepet banget buat sampai ke sini, kata gue dalam hati.

Satu bis dan satu elf datang, orang lain langsung masuk ke dalam bis dan elf dan gue milih untuk jongkok bentar sambil lihatin mereka. Ya, gue mempersilahkan mereka berangkat terlebih dahulu. Hampir 15 menit gue nunggu, akhirnya si bis datang.

Ada yang marah kesel gara-gara bis datang telat. Tapi, si bapaknya yang humble banget bikin gue jadi engga marah. Gue engga ngobrol langsung karena tiduran dikursi bis (saking kosongnya), tapi ada kata-kata dari si bapak sopir yang bikin gue mikir pagi itu.

"Yah bos yang sekarang itu engga ngehargain sopir, ya meskipun kami sopir kan kami juga manusia!"

"Bos yang sekarang itu bukan orang lapangan, jadi engga tahu apa-apa,"

"Bos yang sekarang beda banget, engga tahu kalau sopir itu penting bagi perusahaan!"

Gue tarik nafas dalam-dalam. Suatu saat kalau gue jadi bos gue pengen banget jadi bos yang humble sama partner kerja gue. Amin!

Gue juga pernah lihat orang ngomel-ngomel gara-gara bis mogok, gue sejujurnya engga tega banget lihat bapak sopirnya. Gue yakin bapak sopirnya itu engga tahu apa-apa jadi nerima mobil yang mogok terus, sampai akhirnya si sopir nyuruh yang ngomel buat komplain ke perusahaan aja.

Dari semua kejadian yang pernah gue lihat dan alamin, gue punya tiga poin penting tentang 'BEKERJA!"

Pekerjaan yang baik tentu adalah pekerjaan yang nambahin isi dompetmu

Engga munafik yah, kita kerja cari duit untuk hidup. Entah itu untuk beli sesuatu atau jalan-jalan sama keluarga, intinya kita butuh duit makanya kita kerja. Setuju engga? Jadi, menurut gue duit adalah hal penting yang memang kita cari.


Biasanya pas awal-awal dapat kerja, kita bakal seneng banget pas nerima gaji. Akhirnya bisa ngehasilin duit sendiri, bisa jajan tanpa minta orang tua, bisa beli barang yang kita pengen, bisa ngajak orang tua jalan-jalan, dan juga bisa nabung buat biaya nikah.

Ya, jadi menurut gue engga ada salahnya ketika orang mencari pekerjaan lain ketika pendapatannya engga sesuai dengan yang dia inginkan. Jadi, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang bisa nambahin isi dompetmu!

Kedua, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang nambahin isi kepalamu

Ini sudah tahun ketiga gue kerja, diawal-awal gue seneng banget dapat gaji pertama. Waktu berjalan, gue ngerasa engga cuma dompet yang harus terus diisi tapi juga isi kepala gue. Rasanya sayang banget diusia yang masih muda gue engga belajar banyak hal. Gue pengen sesuatu yang baru, gue butuh upgrade skills gue.

Gue yakin, setiap pekerjaan memiliki titik jenuh sendiri. Jadi, belajar hal yang baru adalah solusi ketika lo mulai jenuh dengan pekerjaan sekarang. Jadi, kalau pekerjaan lo sekarang cuma buat lo stagnan sama posisi dan kemampuan lo, mending lo cari ancang-ancang deh buat cari kerjaan baru. Menurut gue, berkembang itu adalah keharusan!

Ketiga, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang nambahin kesantunanmu

Seneng engga sih punya pekerjaan yang bikin kita semakin sadar bahwa semuanya hanyalah titipan Tuhan? Sehingga dengan pemaknaan kalimat tersebut kita semakin santun terhadap sesama manusia, termasuk rekan kerja kita. Tidak ada emosi yang menggelora ketika meeting, tidak ada upaya saling menjatuhkan, yang ada adalah upaya untuk saling mengingatkan kesantunan.

Kenapa sih santun masuk dalam kategori diatas?

Pernah engga kita dibuat kesel sama orang yang nyebelin terus dia marah-marah gara-gara komplain sampai ngeluarin kata-kata kasar? Atau jutek engga jelas karena misalnya jabatan kita lebih tinggi dari dia sedangkan usianya lebih tua?

Beda ketika kita ketemu orang yang santun, rekan kerja yang ramah pasti bawaannya pengen doain yang baik-baik aja kan? Nah gitu, itulah kenapa menurut gue santun masuk dalam tiga kategori tersebut.


No comments