"Traktir dong!" Masuk dalam Kalimat Keramat, Yuk Baca!


Sumber : https://www.hipwee.com/list/jangan-biasakan-minta-minta-gratisan-ke-temen/
Pernah engga kalian tiba-tiba dipalak pas kumpul sama teman-teman, 

"Lo kan udah lama engga kumpul, traktir dong kita!" 

Sebagai orang yang 'diminta' dan dalam kondisi sedang punya banyak duit mungkin hal itu tidak jadi masalah. Namun, ada juga yang lagi engga punya duit karena merasa 'engga enak' berani bilang 'oke deh gue traktir' tanpa memperhitungkan duit yang dia punya didompet. 

Yuk coba berpikir ketika kita diposisi teman kita yang kita minta traktir tapi dalam kondisi engga punya duit. Pernah engga sih kalian mikirin dia pun akan memiliki perasaan engga enak kalau engga bayarin kalian? Apalagi kalau pertemanan kalian udah 'sangat dekat' kayak keluarga? ( Tapi kalau udah deket kayak keluarga sih pasti tahu ya kapan sahabatnya punya duit atau engga). 

Gue nih bilang, "Traktir dong," itu cuma sekadar becandaan dan engga pernah minta beneran. Kenapa? Ya kalau gue punya duit sendiri ngapain gue  minta traktir temen gue yang gue engga tahu apakah dia punya duit atau engga. 

Sekarang dari sisi lo yang dimintanya yah. Gue engga pernah melarang lo untuk engga berbuat baik sama temen-temen lo. Apalagi sama temen-temen yang selalu ada buat lo, wajar banget kalau lo pengen traktir mereka. Cuma yang pengen gue garis bawahi adalah ketika lo engga punya duit, lo bisa dong untuk bilang, 

 "Sorry nih gue lagi bokek ntar yah kalau gue udah gajian,"

Gue yakin kok kalau temen-temen lo tahu lo dan kalian udah sahabatan lama pasti ngerti. Gini loh poinnya, lo jangan ngorbanin diri lo hanya karena lo pengen traktir temen lo di Steak 21, HANAMASA, dll. Gue engga tahu juga yah dalam kondisi sebenarnya kenapa lo engga bisa nolak, tapi lo juga harus mikir ketika lo lagi engga punya duit mbok ya diem aja dulu engga usah traktir-traktir orang. 

Ini konteksnya traktir yah, kalau someday temen lo emang lagi kesusahan dan urgent butuh duit baru ini gue setuju banget. Lo harus fighting banget untuk hal ini sebab lo bantu temen lo yang kesusahan. Lah kalau tujuannya cuma buat traktir doang dan cuma buat 'hahahah hihihhihi huhuhuhuh' apa coba? Mending kalau lagi seret dihemat-hemat aja dulu. 

Kalau misalnya lo gengsi engga bisa nolak untuk traktir temen lo mending lo di rumah aja. Inget yah, gue engga memprovokasi agar lo engga traktir temen-temen lo, itu hak lo, itu duit lo jadi sebenarnya itu hak lo. Tapi lo juga harus cerdas ketika mengalokasikan uang dalam kondisi kepepet. 

Menurut gue kata "Traktir dong!" juga sama keramatnya kayak, "Kapan nikah?" kan lo pada tahu sendiri banyak yang trauma dengan kalimat tersebut. Nah yang kata "Traktir dong" juga sama. Mungkin temen lo engga akan terbuka soal keuangannya sama lo, jadi kalau mau minta traktir-traktir tahu waktu juga gitu. Beda konteknya kalau temen lo emang pengen dipuji bisa traktir lo yah, itu gue engga mau komentar. 

Baik juga harus cerdas dan paham kondisi. Bukan berarti lo enga boleh traktir temen lo yah, itu hak lo. Selama ini, gue paling menolak keras untuk ditraktir orang, kalau gue punya duit sendiri ya gue bakal bayar sendiri ngapain gue minta merengek-rengek sama orang entah alasannya gue engga pernah ketemu atau apa gitu. 

Berbuat baik itu harus, tapi paham kondisi juga wajib. Yang lebih bahaya adalah ketika lo memilih traktir temen lo hanya karena gengsi atau malu kalau misalnya lo engga traktir mereka. Bro, kalau mereka temen-temen baik lo, temen-temen yang bisa lo banggain mereka pasti ngerti kok. Kecuali mereka temen lo yang nyebelin, tapi mikir deh emang lo mau traktir temen yang nyebelin? Nah, berarti kan ketika lo memilih untuk traktir mereka, mereka adalah bagian penting dalam hidup lo.

Mikir aja deh orang engga bakal mau buang uang banyak-banyak untuk hal yang engga berguna apalagi untuk orang lain.

No comments