Mau Nikah Tahun Depan? Bingung Gimana Mengelola Duit? Gini Caranya

Sumber gambar : https://www.furilia.com/prepare-to-pin-11-fashion-bloggers-and-their-incredible-wedding-dresses/
Cara jitu untuk menjawab pertanyaan temen-temen dan sodara lo ketika lebaran yang kayak gini,
"Kapan lo nikah?" 
adalah dengan cara menikah!

Okey, let me tell you about something ya guys! Siang ini mungkin diantara kalian ada yang lagi diem sambil melamun terus bertanya-tanya,
"Gimana ya caranya nabung biar bisa nikah?"
Bener engga? Ya wajar, apalagi kalau usia lo udah 21 keatas. Pasti diotak lo kepikiran terus gimana biar bisa ngumpulin duit biar bisa nikah.

Tapi sejujurnya, ada juga orang-orang yang kalau mau nikah tingga bilang,
"Yaudah sih tinggal nikah, ke KUA cuma 600 rebu doang kok!"
Tapi guys, nikah tetep memerlukan uang loh. Engga bisa dengan kalian diem aja dan kalian nunggu seseorang lemparin duit ke kalian buat modal nikah. Iya kan? Mungkin ada juga yang tenang-tenang aja karena merasa orangtua kalian akan menopang semua biaya pernikahan. Tapi, mbok ya emang engga mau gitu sekali aja engga nyusahin orang tua? Meskipun ujung-ujungnya yang namanya orang tua pasti akan usaha agar selalu ada. Iya kan?

Nah, gue punya solusi sederhana cara mengelola uang agar kalian punya simpanan yang lumayan buat nikah tahun depan! 

Inget yah, SATU TAHUN itu singkat loh guys. Jadi, jangan berani menunda melakukan hal baik apalagi untuk pernikahan lo nanti. 

Batasi Budget Kencan Lo!
Sumber Gambar : https://womantalk.com/relationship/articles/5-tanda-kencan-pertama-anda-sukses-dan-si-dia-tertarik-untuk-kencan-kedua-DGnMJ
Gue engga nyuruh kalian untuk engga ketemu sering-sering. Yang gue garis bawahi adalah budget kencan kalian yang harus dibatasi. Sebenarnya engga masalah kalian sering ketemu, tapi jangan tiap hari juga harus makan ditempat makan yang mahal. Makan nasi goreng pinggir jalan harga 10 ribu kayaknya engga masalah, kalian juga bisa bawa minum sendiri kan dari rumah? 

Please, jangan gengsi yah. Apalagi kalau kalian laki-laki, kalau pasangan lo ngerti dengan tujuan kalian pasti paham kok. Gue yakin kan sebagai laki-laki kalian pasti bukan engga mau ngasih yang terbaik, tapi kondisinya kan kalian lagi usaha bareng-bareng untuk menuju hal yang lebih bahagia.

Gue saranin untuk budget kencan kalian patungan aja, misalnya sekali kencan dimalam minggu kalian patungan 50 ribu - 100 ribu / orang. Itu sebenarnya udah cukup banget buat biaya bensin (motor yah) dan juga biaya makan. 

Jangan Ragu untuk Bilang "NO" ketika Temen Lo Minta Traktir!
Sumber Gambar : https://www.providesupport.com/blog/8-ways-to-say-no-to-customers-with-examples/

Ada orang yang engga enakan bilang "Engga" dan lebih memilih untuk menderita karena ketidakmampuannya untuk menolak ketika diminta bayarin makanan sama temen-temennya. Sekarang, lo bisa batasi budget kencan dengan pasangan lo sampai 50 ribu sekali kencan, lah tiba-tiba lo kumpul sama temen-temen lo dan mereka minta lo bayarin makan nyampe 350 ribu. Please, dont make it lah guys. 

Akan jadi percuma ketika lo melakukan hal kayak gitu. Ya jangan tanya ntar pasangan lo malah ngebanding-bandingin dia dengan temen-temen lo yang ditraktir sama lo. Traktir yang sewajarnya aja bro, kalau engga punya duit yang banyak jangan ragu untuk bilang, "Sorry ya bro, gue lagi hemat nih bakal kawin tahun depan, gue traktir lo es teh manisnya aja yah," . Gue yakin kalau temen lo udah tahu lo kayak gimana mereka bakal maklum kok.

Buat Simpanan Bersama dengan Pasangan
Sumber Gambar : http://www.totalpotentials.com/pagate-a-ti-mismo-primero/

Biasanya yang nyimpen adalah si ceweknya, jadi buat lo para laki-laki jangan ragu untuk nyimpen uang di rekening bersama untuk tabungan pernikahan. Percayain aja duit lo dijaga sama pasangan lo, itung-itung latihan juga. Kalau kalian udah sama-sama paham apa yang mau dituju pasti semangat kok buat nabungnya. Bener engga?

Kencan Pakai Motor Aja, Engga Masalah Kan?
Sumber Gambar : http://footage.framepool.com/en/shot/136149870-vespa-lower-eastside-grocery-bag-in-love

Sekarang banyak banget anak muda yang kencan pake mobil. Gue juga engga ngelarang kalian kencan pake mobil, tapi ada kalanya ketika keuangan lagi seret kalian coba pakai motor aja bro. Itung-itungannya kalau sekali kencan lo pake mobil bisa ngabisin 200 rebu buat bensin sama etoll doang, belum biaya makan dan nongkrongnya coba lo itung ketika lo cuma bawa motor. Tapi lihat kondisi juga ya bro, ya kalau ke kondangan misalnya masa lo tega ajak cewek lo yang udah dandan cantik pake motor. Iya engga?

Nah, selanjutnya gue mau simulasiin tabungannya nih!

Misal penghasilan lo itu 6 juta per bulan. Gue saranin, kalian sisihkan 1 juta - 2 juta per bulan untuk tabungan pernikahan. Kalau kalian punya rencana nikah tahun depan dibulan Juni misalnya, berarti kalian punya waktu sebanyak 12 bulan untuk nabung.

Si perempuan  : 2 juta / bulan, maka di Juni 2019 bisa dapat 24 juta. 
Si laki-laki : 3 juta / bulan, maka di bulan Juni 2019 bisa dapat 36 juta. 
Totalnya udah 40 juta. Lumayan kan? 

Nah, tahun depan juga kan nanti ada THR, semisal gaji lo masing-masing 6 juta kalian bakal punya tambahan 12 juta. Finally, totalnya 52 juta. Gede kan? Setidaknya kalian bisa meringankan beban orangtua ketika menggelar resepsi.

Terakhir, pesen gue adalah kalian harus tetap kompak sebagai pasangan. Soal uang emang sensitif, kadang mungkin cewek lo akan lebih ribet karena dia berpikir maju untuk ke depannya. Nah, lo sebagai laki-laki jangan emosi kalau bahas ini. Kalian memiliki tujuan yang sama, jadi kalian harus kerja sama! Engga bisa salah satu doang yang semangat, dua-duanya harus kerja keras. Dan jangan lupa banyak doa yah!




No comments