Gimana sih cara bikin CV yang 'Baik' ? Bagian 1.

Sumber Gambar : https://landlordnews.co.uk/there-is-a-mess-in-my-head-picture-of-confused-handsome-young-man-holding-hand-on-chin-and-thinking-while-standing-against-cloud-chalk-drawing-on-blackboard/
Lama tak jumpa akhirnya gue kembali ke blog ini dengan susah payah setelah ngumpulin mood. Kenapa sih jarang nulis diblog? Alasannya memang kerjaan gue lagi overload banget jadi nyampe kosan kayak udah pengen istirahat aja gitu tidur karena besoknya kan kerja lagi. Nah, mumpung agak longgar dan engga males kali ini gue bakal sedikit ngeshare tentang gimana sih bikin CV yang 'baik'? Oya, perlu diingat yah ini bukan standar khusus melainkan gue belajar dari pengalaman gue dulu pas jadi pencari kerja sama pas pernah megang dibagian rekrutmen pas observasi dulu. So, langsung simak aja ya :)

Tadi malam sekitar pukul 00.40 gue dapet WA dari nomor yang engga gue kenal. Lalu, gue lihat tuh potonya dan ternyata dia adalah adek kelas gue. Intinya dia nanya "Kak, gimana sih cara bikin CV yang menarik?". Sebenarnya gue udah sering banget sharing soal ini, ada di kompasiana, di IDNTimes bahkah kalau di instastory tapi engga apa-apa deh gue bakal sharing lagi apa yang gue tahu meski sedikit. 

Berikut tips yang bisa gue bagi buat kalian : 

Konsep CV lo!

Kenapa perlu dikonsep? Karena engga semua hal bisa lo masukin ke dalam CV lo. Gue pernah baca CV yang semuanya dimasukkin bahkan prestasi dia dari zaman SD. Alhasil CV nya over halaman dengan konten yang engga penting untuk dijual. Nah, gue saranin sebelum bikin CV coba dikonsep dulu mau bikin CV kayak apa. 

Apa aja yang bakal lo masukkin ke dalam CV lo? Corat-coret aja dikertas dulu sebelum didesain.
Buat Kolom Identitas itu Penting!
Buat kalian yang masih pake alamat yang singkat di CV mending buruan deh segera dilengkapi. Maksud gue ketik sih alamat yang lengkap jangan cuma nulis, - Jakarta Pusat-, lah Jakarta Pusat itu luas lo tinggal dimana. Gitu maksudnya. Effort dikit untuk ngetik kan engga masalah apalagi menyangkut identitas lo.

Pasang Poto yang Formal dan Rapi!
Keluarin dikit duit untuk poto di studio engga masalah kan ya? Coba deh poto formal di studio untuk poto CV kalian. Percaya deh engga bakal nyampe 100 ribu. Lagipula kan bisa lo pake juga nanti itu poto.

Jangan Memasukkan Hal yang Engga Penting!
Plis jangan masukkin hobi lo di CV karena itu engga penting sama sekali (menurut gue yah). Ada baiknya sebelum lo bikin CV lo tentuin dulu lowongan pekerjaan apa yang ingin lo apply biar lo bisa mengonsep kira-kira apa aja yang perlu dimasukkan. Maksud gue ketika lo apply itu lowongan pekerjaan pemerhati satwa liar gue rasa keterampilan lo yang bisa nari ballet engga perlu dicantumin. Gitu analoginya. Nangkep kan?

Apply Lowongan Pekerjaan Sesuai dengan Requirements yang Diminta
Gue pernah denger kalimat, "Apply aja dulu kan rezeki engga kemana". Oke gue perlu lurusin kalimat tersebut. Jadi gini kawan-kawan, menurut kalian ketika ada requirements yang diminta untuk jurusan kehutanan (udah fix banget ada dibrosur misalnya) dan lo yang sarjana teknik coba-coba apply, nah udah jelas lo engga bakal dipanggil. Wong mereka nyari sarjana kehutanan kok lo yang sarjana teknik malah ngelamar. Beda konteksnya ketika requirementsnya all major yah. Baca baik baik lowongan pekerjaannya.
 

(Bersambung yah) 

No comments