Mulai Belajar Mengapresiasi, Kenapa Tidak?


"Kok lo engga apresiasi sih hasil bantuan temen lo?" 

"Ah elah, dia cuma bantu gue parkirin mobil doang."

Pernah engga sih kalian ketemu sama orang yang kayak diatas? Dia yang emang susah banget buat ngehargain atau apresiasi apa yang dilakukan orang lain sekalipun untuk menolong dirinya. Aneh engga sih? Rasanya pengen nampol terus gue bilang, 

"Segitu juga ada yang nolong sih." 

Memang, pada kenyataanya engga semua orang mau dan punya kerendahan hati untuk menghargai orang lain. Bahkan ada beberapa yang memilih menghargai orang lain ketika orang lain sudah melakukan hal yang luar biasa melebihi dirinya. 

Belajar soal apresiasi dan harga menghargai adalah perbuatan simpel sebenarnya. Tapi percaya deh, engga semua orang bisa melakukan itu. Bahkan mungkin, gue sendiri sering lupa untuk apresiasi orang-orang yang udah do something dalam hidup gue. 

Jangan menunggu hal besar untuk sebuah penghargaan. Apresiasilah hal-hal kecil dalam hidup kita. Kita engga pernah bukan bagaimana hal-hal kecil tersebut bisa menjadi efek yang besar dalam hidup kita. Seperti, ketika kita bisa bangun lebih pagi dari biasanya, lalu pergi ke kantor dengan lebih semangat, dan bekerja pun lebih bahagia, lalu produktifitas meningkat dan akhirnya mendapatkan promosi. 

Jadi, saran gue sih belajarlah untuk mengapresiasi. Jangan muluk-muluk dulu berhasil mengapresiasi orang lain, tapi cobalah untuk mengapresiasi yang diri kalian lakukan untuk kalian sendiri. Toh, ketika kita sudah bisa mengapresiasi diri kita, kita pasti akan melakukan apresiasi kepada orang lain. 

Yuk belajar mengapresiasi mulai dari sekarang karena apresiasi adalah salah satu wujud kita bersyukur loh. Seperti janji Tuhan sama umatnya, siapa yang banyak bersyukur maka akan ditambah nikmatnya. Jangan khawatir!

Sumber gambar : https://tinybuddha.com/blog/6-ways-to-show-your-friends-you-appreciate-them/

No comments