Kenapa Engga Boleh Jutek? Dan Kenapa Harus Ramah?

Sumber gambar : google.com

Oya, sebelum lanjut nulis. Aku mau bilang ini adalah pendapatku sendiri. Jika ada yang setuju itu wajar, dan jika mau diskusi boleh banget kok :)

Di dekat kosan, ada tukang batagor Bapak dan Anak. Mereka berdua terbiasa berdagang dengan menggunakan kopiah, namun, yang ingin aku garis bawahi bukanlah kopiah mereka, tetapi bagaimana cara mereka dalam melayani pelanggan.

Setiap kali memesan batagor, mereka selalu tersenyum menyambut pembeli. Intinya mereka ramah banget. Secara naluri, aku pasti langsung refleks bilang,

"Ramah banget. Semoga dagangannya laku."

Hal yang berbeda bisa ternyata secara refleks aku lakukan pada penjual yang tidak ramah alias jutek. Lalu refleks dalam hati bilang,

"Yaelah engga ada ramahnya sama sekali"

Kenapa engga boleh jutek? Aku sih berpendapat karena kalau kamu jutek kamu bisa didoain jelek sama orang lain. Selain itu, kamu juga kemungkinan besar akan dibenci banyak orang. Jadi, bagi kamu yang masih suka ngerasa jutek sama orang lain, mending ubah dari sekarang. Oya, ini untuk kasus pergaulan yah. Mungkin akan ada kasus lain dimana kamu harus jutek juga.

Kenapa harus ramah? Orang ramah biasanya disenengin banyak orang dan ujung-ujungnya akan didoain baik-baik sama orang. Duh, didoain sama orang lain itu senengnya luar biasa tahu. Apalagi orang awam yang baru kita kenal, entah tulus atau engga tapi ini adalah sebuah kebaikan loh.

Contoh lainnya, ketika aku order Go-Jek. Meskipun keseringan ketemunya sama driver yang ramah-ramah, aku juga pernah nemuin driver yang engga ramah dan marah-marah.

Ketemu driver yang ramah bawaannya pengen doain kan? Atau kalau lagi ada rezeki lebih biasanya akan kita kasih tips dan ridho banget ngasihnya. Tapi, gimana kalau ketemu driver yang engga sabaran dan ngomel-ngomel? Wuh, pasti kesel banget kan. Mau ngasih bintang satu kasian karena dia lagi cari uang.

Jadi, udah tahu kan alasannya kenapa harus ramah?

Simpelnya biar banyak yang doain.

Jakarta, 19 September 2017

No comments