Fokus Harus, Multitasking Wajib

Sumber gambar : google.com

Apa sih multitasking itu?
Agar lebih dipahami saya akan menjelaskan definisinya menurut saya saja yah, jika kamu ingin definisi yang lebih baku silahkan untuk search di google.

Menurut saya, multitasking itu adalah bisa ngerjain apapun dalam satu waktu. Simpel kan? Yah. Masukan saja dulu definisi tersebut dalam otak kamu sebelum bertanya pertanyaan lain. Contohnya, ketika kita sedang makan, lalu mata kita menonton film, dan kaki kita bergerak-gerak mengikuti irama lagu dari mp3 maka bisa dikatakan saat itu kita sedang melakukan multitasking.

Sudah mengerti?
Contoh lain, ketika kamu mencuci mobil, lalu kamu berjoget-joget sambil menggosok-gosok kaca mobil, itu juga termasuk dalam multitasking. Intinya, mengerjakan hal yang berbeda dalam satu waktu.

Nah, kenapa saya menulis judul "Fokus Harus, Multitasking Wajib" ? Karena menurut saya dewasa ini kalimat "Fokus pada satu tujuan" itu kurang greget, pergerakan didunia zaman sekarang semakin cepat, jika kita hanya fokus pada satu hal saja maka bisa saja kita kehilangan kesempatan yang lain.

Saya tidak menyebutkan bahwa tidak boleh fokus yah, fokus itu harus, apalagi kalau kalian bisa multitasking. Contohnya, ketika tujuan kalian ingin menjadi seorang penulis, kalian terfokus hanya pada satu naskah novel, mungkin kalian akan kehilangan kesempatan untuk menularkan ide-ide kalian ke dalam novel dengan genre yang berbeda. Bisa saja kan, menulis dua buah genre dalam satu kali projek? Tentu bisa.

Jangan fokus pada satu hal lalu menyepelekan hal lainnya. Ketika berangkat ke kantor naik motor karena terlambat bisa saja kamu fokus pada satu tujuan, sampai dikantor sebelum pukul 08.00 lalu kamu menyepelekan pengendara motor lain, kamu ngebut gak karuan, saking fokusnya ngebut kamu lupa kalau sudah nerobos lampu merah. Apakah fokus itu buruk? Jelas tidak.

Aku hanya ingin memengaruhi kalian untuk membuat hal yang menjadi tujuan sebagai hal yang digeluti secara bersamaan. Tidak saling menunggu satu hal sudah tercapai baru hal lainnya kalian lakukan. Selain akan menghabiskan waktu dengan menunggu, sayang saja waktu yang kosong tersebut tidak kalian gunakan untuk melakukan hal lain.

Fokus harus, multitasking wajib.

Jakarta, 12 September 2017

No comments