Anyway, Life Goes On

Sumber : google.com
Sedih?
Bingung?
Marah?
Kecewa?
Beban hidup berat?
Kerjaan numpuk?
Sakit hati?

Seorang teman sering cerita kalau dia lagi sedih gara-gara belum bisa nabung banyak padahal mau nikah April tahun depan. Katanya, kalau nabung sebulan 1 juta pasti engga bakal nutupin biaya buat resepsi. Alhasil dia sedih sendiri pusing, bingung, marah sama diri sendiri karena sejak awal engga nabung buat nikah.

Lalu, seorang teman juga cerita kalau sedang kecewa sama bos nya karena dia engga jadi naik jabatan. Dia kecewa, sakith hati, karena kawannya yang baru satu tahun kerja udah naik sedangkan dia udah tiga tahun engga jadi naik jabatan.

Seorang teman juga bercerita kalau kerjaannya numpuk, beban hidupnya makin berat karena harus membagi uang antara buat jajan dan bayar cicilan. Alhasil dia kelabakan gimana cara ngatur uang, bingung, sedih, campur aduk jadi satu.

Tapi teman-teman, dengan kondisi seperti itu haruskah kita diam terus-terusan? Melamun engga karuan mikirin hal-hal yang belum kejadian, jadi worry, insecure?

Aku pernah kayak gini dan sekarang sadar bahwa hal itu engga guna. Seperti yang aku bilang di postingan sebelumnya soal kejenuhan, kalau kita capek atau jenuh yang pertama dilakukan adalah menerima hal itu.

Nah, setelah menerima hal itu tidak serta merta harus langsung diam bingung engga karuan yah. Mungkin ketika kamu melamun, teman kamu sedang berjualan es krim dan bisnisnya laku keras terus dia bisa melanjutkan S-2 dengan biaya sendiri.

Disaat kamu diam melamun seharian, ada teman kamu yang ikutan acara sosial tentang bahaya merokok dan bisa menginspirasi ratusan orang untuk berhenti merokok. Atau yang lebih ajaib, ketika kamu melamun dikamar malas-malasan ada teman kamu yang lagi konferensi pers karena novelnya jadi best seller nasional.

Teman-teman, sedih boleh, kecewa boleh, marah boleh tapi life must go on loh. Kalau kamu cuma diam mikir engga karuan tanpa ada gerakan, jelas kamu akan jauh ketinggalan dari teman-teman kamu. Ketika kamu tidak tidur semalaman karena berpikir terus-terusan lalu bangun kesiangan, teman-temanmu mungkin sedang bekerja part time untuk nambah tabungan nikah.

Jangan khawatir, aku pun pernah merasakannya but life must go on guys. Terlalu banyak mikir tanpa aksi pun sama aja bohong karena engga ada yang kita lakukan. Bangun pagi itu wajib loh guys, aura pagi hari itu bagus banget untuk dongkrak semangat.

Jadi, coba mulai ambil satu lembar kertas dan apa yang akan kalian lakukan. Jangan bicara satu tahun ke depan, coba aja bikin list untuk seminggu ke depan. Jika kamu sudah mulai konsisten mengerjakannya, maka mulailah dengan impian-impian brilian yang ingin kamu wujudkan.

Coba buat project planner untuk menjaga agar projek kamu tetap dikoridor yang benar. Biar ketika melenceng dikit, bisa kamu arahin ke jalan yang benar.

Silahka dicoba yah.

Hayam Wuruk, Jakarta Pusat
24 September 2017

Salam,

Via

No comments